Vol. 2 No. 1 KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGHADAPI SISTEM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING
Keywords:
kompetensimanajerial, motivasibelajar, blendedlearningAbstract
Abstraksi
Sesuai tugas, pokok dan fungsi kepala sekolah selaku manajer dituntut memiliki kompetensi manajerial, dan kompetensi tersebut harus dibuktikan pada kondisi pandemi. Seorang kepala sekolah haris mampu menyajikan formulasi dalam mekanisme pembelajaran yang tepat yang diharapkan bisa mengurangi menurunnya motivasi belajar siswa akibat kurang variatifnya model pembelajar yang disajikan. Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengkaji kompetensi manajerial kepala sekolah dalam menghadapi sistem pembelajaran blanded learning.
Penerapan model blended learning merupakan salah satu pilihan bagi lembaga pendidikan formal seperti. Bisa digunakan dalam lingkup internal lembaga, maupun hanya oleh setiap guru mata pelajaran tertentu saja. Melalui model ini juga, kepala sekolah diharapkan akan lebih memahami tentang kebutuhan dan kemampuan belajar siswa yang cenderung variatif, serta dinamika kondisi dunia pendidikan yang terjadi belakangan yang cenderung fluktuatif.
Kata kunci: Kompetensi Manajerial, Blended Learning, Motivasi Belajar