Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyah melalui Media Kartu Huruf

Authors

  • Zaenal Muhtadin

Keywords:

hurufhijaiyah, mediakartu, anakusiadini

Abstract

Abstraksi

 

 

Nilai agama sangat penting untuk dikembangkan pada anak usia dini karena hal tersebut merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan pada anak usia dini sehingga nilai agama terkait mengenal huruf Hijaiyyah dikembangkan melalui media kartu. Penelitian ini bertujuan; 1) untuk mengetahui proses pelaksanaan media kartu huruf dapat meningkatkan mengenal huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun, dan 2) untuk meningkatkan mengenal huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun di PAUD dapat ditingkatkan melalui media kartu huruf.

Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan, dalam penelitian ini Prosedur penelitian tindakan kelas ini menggunakan model kemmis dan Mc Teggart yang terdiri dari 3 tahap yaitu: perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) pada pra tindakan kemampuan mengenal huruf hijaiyah 32%, 2) setelah anak diberikan tindakan pada siklus 1, kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak meningkat menjadi 51%, 3) pada siklus II diperoleh hasil 77%. Dengan demikian, pengenalan huruf hijaiyah anak sudah meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui media kartu huruf dapat meningkatkan mengenal huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun.

 

 

Kata kunci: mengenal huruf hijaiyah, media kartu huruf, anak usia dini.

 

References

Ananda, R. 2017. Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19- 31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.2 8.

Anggraini, W., & Syafril, S. 2018. Pengembangan Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.2265 7.10085.

Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. 2021. Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (1), 420-429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926.

Aryani. 2014. Peningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Bermain Kartu Huruf Pada Siswa Kelompok A Roudhotul Atfal Hasan Munadi. Skripsi. Semarang: IKIP Veteran Semarang.

Bachri, Syaiful dan Zein Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Cakra Suhati. 2014. Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyah dengan Media Gambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi. Banda Aceh: FKIP USKD.

Dimyati, Johni. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Usia Dini (PAUD). Jakarta: Prenadamedia Group Lestari.

Hakim, L., & Dalli, C. 2016. To be professional is a never-ending journey': Indonesian early childhood practitioners views about the attitudes and behaviours of a professional teacher. Early Years, 5146 (December), 1-14. https://doi.org/10.1080/09575146.201 6.1256275.

Inawati, A. 2017. Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini Asti Inawati. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51-64.

Jaman Asmani. 2009. Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press Putra.

Nusa. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press Rahayu.

Puji. 2011. Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif anak melalui bermain puzzle kelompok B di TK Desa Klumprit 1 Mojolaban Sukoharjo tahun ajaraan 2011/ 2012. Skripsi. Surakarta: FKIP UMS Mariana.

Rita. 2005. Strategi Pengelolaan Lingkungan Belajar di Taman Kanak-kanak. Jakrta: Dekdikbud Ma’mur.

Sirajudin, 2006. Pengertian Huruf Hijaiyyah. Jakarta: Pustaka Tarbiyah.

Sujiono, Bambang Et al. 2007. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif. Jakarta: Kanisius.

Sujiono, Yuliani Nurani, dkk. 2009. Konsep Dasar Paud. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tri Lestari Waraningsih. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di TK Sulthono Ngaglik Sleman. Skripsi. Yogyakarta: FIP UNY Vinca Ambarin.

Ulfah Maulidya. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Wang, J., Hilliard, L. J., Hershberg, R. M., Bowers, E. P., Chase, P. A., Champine, R. B., Buckingham, M. H., Braun, D. A., Gelgoot, E. S., & Lerner, R. M. 2015. Character in childhood and early adolescence: models and measurement. https://doi.org/10.1080/03057240.201 5.1040381.

Published

2023-10-01

How to Cite

Muhtadin, Z. (2023). Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyah melalui Media Kartu Huruf. Ethfal: Journal of Islamic Education for Young Children, 1(1). Retrieved from https://staipuimajalengka.ac.id/jurnal/index.php/hy/article/view/41