Upaya Peningkatan Kemandirian Anak melalui Metode Pemberian Tugas Menggunting dan Menempel pada PAUD

Authors

  • Enih Hartiani

Keywords:

kemandirian, anakusiadini, menggunting, menempel

Abstract

Abstraksi

 

 

Pencapaian tujuan pendidikan bagi anak usia dini dituangkan dalam beberapa indikator pada bidang pengembangan pembiasaan dan bidang pengembangan keterampilan dasar. Salah satu indikator bidang pengembangan pembiasaan untuk Taman Kanak-kanak adalah penanaman kemandirian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji upaya peningkatan kemandirian anak melalui metode pemberian tugas menggunting dan menempel pada PAUD.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan observasi dan kajian yang peneliti lakukan, dapat dibuktikan bahwa salah satu kemampuan anak usia dini, yaitu kemandirian, dapat dibangun dan dilatih melalui berbagai stimulus metode dan kegiatan, di anatarnya adalah metode pemberian tugas menggunting dan menempel pada PAUD.

 

 

 

 

Kata kunci: Kemandirian, Anak Usia Dini, Menggunting dan Menempel.

References

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara. Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada Press.

Kennedy, Michela. 2004. Melatih Anak agar Mandiri. Penterjemah: Ariavita Purnamasari.

Bandung: Erlangga.

Miles, B Mattheu, and A. Micael Huberman. Analisis Data Kualitatif . Jakarta: Universitas Indonesia.

Moeslichatoen. 2004. Etode Pengajaran Di Taman Kananak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

PERMENDIKBUD No. 137. 2014. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak.

Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks Jakarta.

Wati, Dini. 2012. Metode Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pmemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa.

Yamin, Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. 2012. Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat: Gaung Persada Press Group.

Jamaludin, G. M., Araniri, N., & Nahriyah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Macam-Macamnya. Makeda Publika.

Jamaludin, G. M., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). MENANAMKAN KARAKTER TOLERANSI DI SEKOLAH DASAR INKLUSI MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4, 13–19.

Nova, A., Arifin, Z., Jamaluddin, G. M., Faridah, E. S., Sayekti, S. P., & Komariah, N. (2021). Evaluasi Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Media Sains Indonesia.

Published

2023-10-01

How to Cite

Hartiani, E. (2023). Upaya Peningkatan Kemandirian Anak melalui Metode Pemberian Tugas Menggunting dan Menempel pada PAUD. Ethfal: Journal of Islamic Education for Young Children, 1(1). Retrieved from https://staipuimajalengka.ac.id/jurnal/index.php/hy/article/view/40