Komparasi Kemampuan Membaca Permulaan Antara Anak Latarbelakang PAUD dengan Anak yang Tidak Berlatarbelakang PAUD
Keywords:
kemampuananak, membaca, audAbstract
Abstraksi
Banyak di antara para orangtua yang tidak mengetahui sejauh mana seorang anak di bawah umur lima tahun atau usia pra sekolah mampu belajar. Taraf kecerdasan anak memang ditentukan oleh banyak faktor, seperti nutrisi untuk optimasi otak, keturunan, lingkungan, pola didik, dan sebagainya. maka pendidikan anak pra sekolah berupaya untuk menciptakan lingkungan dan memberikan yang terbaik bagi perkembangan berbagai potensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan signifikan kemampuan membaca permulaan antara anak berlatarbelakang PAUD dengan anak yang tidak berlatarbelakang PAUD.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca anak yang berlatarbelakang PAUD lebih baik daripada anak yang tidak berlaatrbelakang PAUD.
Kata kunci: Kemampuan anak, Membaca, PAUD.
References
Ariyanti, F., Edia, L., & Noory, K. 2007. Diary tumbuh kembang anak. Bandung: Read!
Publishing House.
Dhieni, N., Fridani, L., Yarmi, G., et al. 2005. Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muhyidin, Rolina, N., Rasyid, H., et al. 2014. Ensiklopedia pendidikan anak usia dini jilid
Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya. Musbikin, I. 2010. Buku pintar PAUD. Jogjakarta: Laksana.
Sardjono. 2005. Terapi wicara. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Sukmadinata, N.S. 2005. Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja.
Suyanto, S. 2005. Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publising. Tarigan, H.G. 2008. Membaca sebagai keterampilan berbahasa. Bandung: Percetakan
Angkasa.
Wicaksono, A. 2014. Menulis kreatif sastra dan beberapa model pembelajarannya.
Yogyakarta: Garudhawaca.
Zubaidah, E. 2003. Pengembangan bahasa anak usia dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.