Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Lembaga PAUD terhadap Tingkat Kepuasan Orangtua

Authors

  • Budiharjo Budiharjo

Keywords:

layananpendidikan, paud, tingkatkepuasan, orangtua

Abstract

Prakarsa penyelenggaraan pendidikan anak usia dini pada tahun belakangan ini nampak menonjol dibanding tahun sebelumnya. Lembaga PAUD banyak didirikan di berbagai daerah. Pada saat ini lembaga PAUD sedang memperbaiki kualitas pelayanan lembaganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas layanan pendidikan lembaga PAUD terhadap tingkat kepuasan orang tua.

Kualitas layanan pendidikan Lembaga PAUD Kecamatan Jatiwangi berada pada kategori cukup baik. Hal ini berarti bahwa masih diperlukan peningkatan terhadap kualitas layanan, sehingga kualitas layanan tersebut dapat berada di kategori tinggi. Tingkat kepuasan orang tua murid terhadap kualitas layanan pendidikan lembaga PAUD berada pada kategori cukup baik. Hal ini berarti bahwa masih diperlukan beberapa usaha untuk meningkatkan kualitas layanan, sehingga tingkat kepuasan orang tua tersebut dapat berada pada kategori tinggi. Kualitas layanan pendidikan lembaga PAUD berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan orang tua.

References

Elliot, Alison. 2006. Early Childhood Education: Pathways to Quality and Equity for All Children. Victoria: ACER Press.

Hiryanto, dkk. 2011. Pemetaan Tingkat Pencapaian Mutu Program Pendidikan Anak Usia Dini di Propinsi DIY. Yogyakarta: Jurnal.

Muliawan, Jasa. 2009. Manajemen Playgroup dan Taman Kanak-Kanak. Yogyakarta: Diva Press.

Nugroho, Wahito, dkk. 2010. Pengaruh Kualitas Dimensi Tangibles, Realiability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty terhadap Kualitas PAUD Secara Keseluruhan. Jurnal Khusus Hari Kesehatan Nasional. Madiun.

Sunyoto, Danang., Fathonah Eka Susanti. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan

I. Jakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Unaradjan, Dominikus Dolet. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Universitas Atma Jaya.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Yuniarti, Vinna Sri. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Jamaludin, G. M., Araniri, N., & Nahriyah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Macam-Macamnya. Makeda Publika.

Widiawati, W., & Jamaludin, G. M. (2023). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA SD BERBASIS MULTIKULTURAL. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 22–25.

Published

2023-09-13

How to Cite

Budiharjo, B. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Lembaga PAUD terhadap Tingkat Kepuasan Orangtua. Ethfal: Journal of Islamic Education for Young Children, 1(1). Retrieved from https://staipuimajalengka.ac.id/jurnal/index.php/hy/article/view/38

Issue

Section

Articles