Efektifitas Peran Guru Pendamping dalam Membantu Proses Pembelajaran

Authors

  • Nasrudin Nasrudin
  • Siti Hodijah

Keywords:

efektifitas, gurupendamping, pembelajaranaud

Abstract

Abstraksi

 

Dalam pendidikan Taman Kanak-kanak terdapat Guru Inti dan Guru Pendamping. Kewajiban guru pendamping selain menjadi teladan bagi pembentukan karakter anak, membantu guru dalam menyusun rencana pembelajaran, membantu mengelola kegiatan bermain sesuai dengan tahapan dan perkembangan anak, membantu dalam melakukan penilaian tahapan perkembangan anak. Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui apakah efektivitas guru pendamping dalam membantu proses pembelajaran pada Taman Kanak-kanak. Dan secara khusus bertujuan untuk mengetahui apakah peran guru pendamping dalam proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran di Taman Kanak-kanak.

Berdasarkan hasil penelitian pada pembahasan ini, dapat disimpulkan bahwa guru pendamping mempunyai peran yang efektif dalam membantu kegiatan perencanaan pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Oleh karena itu, keberadaan guru pendamping cukup berperan penting dalam penyelenggaraan pendidikan, khususnya pembelajaran pada anak.

 

 

Kata kunci: efektifitas, guru pendamping, pembelajaran anak usia dini.

Published

2023-09-13

How to Cite

Nasrudin, N., & Hodijah, S. (2023). Efektifitas Peran Guru Pendamping dalam Membantu Proses Pembelajaran. Ethfal: Journal of Islamic Education for Young Children, 1(1). Retrieved from https://staipuimajalengka.ac.id/jurnal/index.php/hy/article/view/37