Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Problematika, Pembelajaran Bahasa Arab, E-Learning, PandemiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru bahasa Arab dan siswa kelas IX MTsN 13 Majalengka. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan metode. Analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di MTsN 13 Majalengka sudah cukup baik; (2) pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab dilakukan dengan menggunakan media google form; (3) permasalahan yang dihadapi yaitu sulit mengetahui kemampuan bahasa Arab siswa dan karakter atau perilaku siswa sulit dipantau. Lokasi rumah tidak terjangkau jaringan internet, termasuk kuota internet siswa yang minim, atau jaringan internet yang tidak stabil. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan meminta siswa untuk pindah lokasi yang terjangkau jaringan internet untuk sementara waktu.