Desain Kamus “Teknologi Informatika”: Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Mahasiswa di Universitas Darussalam Gontor"
Keywords:
Kamus dwibahasa, Leksikografi, media pembelajaran bahasa ArabAbstract
Kamus sebagai alat bantu pembelajaran bahasa asing, termasuk bahasa Arab, selalu menjadi kebutuhan penting sepanjang waktu, terutama bagi pelajar yang mendalami bidang-bidang tertentu, seperti teknologi, khususnya dalam program studi teknik informatika. Namun, mahasiswa di program studi teknik informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Darussalam Gontor sering menghadapi kesulitan dalam menyusun makalah ilmiah berbahasa Arab, karena bahasa Arab diwajibkan sebagai bahasa pengantar dalam penulisan tugas akhir, seperti skripsi, selain bahasa Inggris. Kendala yang dihadapi adalah tidak adanya kamus Indonesia-Arab yang dapat membantu mahasiswa menerjemahkan istilah ilmiah sesuai dengan bidang mereka ke dalam bahasa Arab. Kamus Arab-Indonesia yang tersedia saat ini masih bersifat umum dan tidak khusus untuk bidang tertentu. Menanggapi permasalahan ini, peneliti berencana untuk mengembangkan kamus "Teknologi Informatika” yang ditujukan untuk membantu pembelajaran bahasa Arab bagi mahasiswa Prodi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Darussalam Gontor. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan kamus dwibahasa Indonesia-Arab yang siap untuk digunakan atau diuji coba. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan penekanan pada penyusunan kamus berdasarkan prinsip-prinsip leksikografi, yang melibatkan beberapa tahapan, seperti tahap persiapan, pengumpulan data dan bahan, pemrosesan data, evaluasi materi, dan persiapan untuk pencetakan kamus.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Achmad Farouq Abdullah, Fitri Setyo Rini, Azmi Islami, Faisal Reza Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.