Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MA Puteri PUI Majalengka

Authors

  • Heru Hoerudin STAI PUI Majalengka

Keywords:

penilaian, portofolio, pembelajaran, bahasa arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian portofolio dalam pembelajaran Bahasa Arab di MA Puteri PUI Majalengka. Pendeskripsian penilaian portofolio dalam pembelajaran Bahasa Arab berupa bentuk penilaian portofolio yang digunakan guru dalam pembelajaran, alasan guru dalam pemilihan bentuk penilaian portofolio, dan permasalahan yang dialami guru dalam kaitannya dengan pembelajaran serta upaya untuk mengatasi permasalahan yang dialami. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Arab di MA Puteri PUI Majalengka yang berjumlah tiga orang. Data diperoleh melalui wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Data dianalisis secara kualitatif melalui empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian diperoleh melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan semua guru mata pelajaran Bahasa Arab di MA Puteri PUI Majalengka telah menerapkan penilaian portofolio.

Data hasil pengamatan berisi tentang deskripsi bentuk peilaian portofolio yang digunakan guru Bahasa Arab dan alasan yang mendasari guru dalam pemilihan bentuk penilaian portofolio dalam pembelajaran. Bentuk portofolio yang digunakan oleh guru adalah karya siswa berupa teks fabel, teks susunan acara, dan poster. Pelaksanaan penilaian portofolio dilaksanakan dengan baik, walaupun belum dapat dikatakan maksimal. Kurang optimalnya pelaksanaan penilaian portofolio dikarenakan masih ditemukan beberapa kendala. Guru mata pelajaran Bahasa Arab melakukan beberapa upaya dalam mengatasi kendala. Upaya yang dilakukan menunjukkan bahwa guru mampu mengelola kelas dengan baik.

 

Published

2024-09-11